Senin, 06 Juli 2009

Song Stories 1


Smells Like Teen Spirit

Nirvana Kurt Cobain. Album Nevermind” - 1991


Oleh : Heru Emka

Load up on guns and bring your friends
It's fun to lose and to pretend
She's over bored and self assured
Oh no, I know a dirty word

Hello, hello, hello, how low?
(3 x)
Hello, hello, hello!

With the lights out, it's less dangerous
Here we are now, entertain us
I feel stupid and contagious
Here we are now, entertain us
A mulatto. An albino. A mosquito. My libido
Yay! Yay! Yay!

I'm worse at what I do best
And for this gift I feel blessed
Our little group has always been
And always will until the end

With the lights out, it's less dangerous
Here we are now, entertain us
I feel stupid and contagious
Here we are now, entertain us
A mulatto. An albino. A mosquito. My libido
Yay! Yay! Yay!

And I forget just why I taste
Oh yeah, I guess it makes me smile
I found it hard, it's hard to find
Oh well, whatever, nevermind

Hello, hello, hello, how low?
(3 x)
Hello, hello, hello!

With the lights out, it's less dangerous
Here we are now, entertain us
I feel stupid and contagious
Here we are now, entertain us
A mulatto. An albino. A mosquito. My libido, A denial!
(9x)

Inilah lagu alternative pertama yang melejit jadi hit, sejak istilah alternative muncul sebagai sebutan genre musik yang baru, di akhir tahun ’80-an. Gaya musik ini lantas dikenal dengan istilah yang lebih khas, "grunge",- yang ditandai dengan gayanya yang ugal-ugalann (craze), bunyi gitar yang keras, serta lirik lagu yang sinis dan gusar.

Kurt Cobain menuliskan lagu ini dalam sebuah jam-session, sebelum bandnya; Nirvana, beken.Waktu itu Kurt Cobain masih pacaran dengan vokalis band cewek Bikini; Tobi Vail. Adalah Kathleen Hanna, personil Bikini Kill lainnya, yang memberi ide Cobain ‘tuk menuliskan lagu ini. Suatu malam, setelah minum-minum bersama, mereka jalan-jalan dan mencoretkan grafiti di jalanan seputar kota Seattle. Hanna kemudian menyemprotkan cat di dinding kamar mandi mereka,- menuliskan kalimat : "Kurt Smells Like Teen Spirit". Teen Spirit ini adalah merek deodoran remaja yang sering dipakai Tobi Vail.

Kurt Cobain sama sekali bukan cowok modis, sehingga dia pun tak menyadari bila Teen Spirit adalah merek farfum. Dia mengira bila kata Teen Spirit hanyalah salah satu idiom yang digunakan Hanna untuk menyemangati jiwa muda mereka. Tentu saja penjualan parfum remaja itu jadi melonjak setelah lagu " Smells Like Teen Spirit" ini meledak jadi superhit., walau sebenarnya tak ada sangkut pautnya sama sekali dengan lirik lagunya yang mengkisahkan semangat pemberontakan anak muda. Sebenarnya semua Nirvana membenci video klip. Namun akhirnya mereka setuju untuk berkompromi dengan pasar bila video klip itu dibuat sesuai konsep mereka, yang oleh Cobain disebut sebagai "Pep Rally from Hell." Dan para pemandu sorak yang muncul di sana adalah penari stripper.

Dua hari sebelum syuting video “Smells Like Teen Spirit “, Nirvana manggung di The Roxy Theater, Los Angeles, selama dua hari. Dari situ, Nirvana mengundang para penonton untuk datang dan ikut syuting videoklip perdana mereka, yang pengambilan gambarnya berlangsung lancar selama 8 jam. Adegan dalam video klip itu sendiri diilhami adegan dalam film “Rock And Roll High School" yang menampilkan lagu the Ramones. Adegan ketika personil Nirvana dan pan merka menghancurkan set, di akhir video, merupakan kenyataan yang sebenarnya. Nirvana dan para remaja itu mulai ‘tinggi’ setelah syuting nonstop selama 8 jam, dan seorang penggemar berkata bila sebaiknya mereka menghancurkan saja set dan property yang dipakai syuting. Produser bilang; silakan,- dan mereka pun melampiaskan semua kejengkelan yang ada.

Sebagaimana konsep dasar musik ‘grunge’ yang anti kemapanan, vedio klip “ Smells Like Teen Spirit” ini juga merupakan bentuk dari konsep anti-video klip. Kurt Cobain menolak sepenuhnya konsep ‘keindahan’ dalam video klip itu, misalnya dia merubah figure para pemandu sorak yang semula para yang ramping dan seksi, dengan menampilklan para pemandu sorak yang bertubuh gemuk dan secara fisik tidak menarik. Sebenarnya sutradaranya tak senang dengan gagasan aneh ini. Tapi daripada mereka batal syuting, akhirnya si sutradara pun mengalah, termasuk membiarkan para gadis gemuk pemandu sorak itu tampil dengan ‘tato’ di lengan mereka dan memakai kaos yang melambangkan anarki. Tadinya MTV menolak menayangkan ‘video jelek’ ini. Namun setelah lagunya meledak, mereka malah sering menampilkan video klip Nirvana ini.

Begitu bekennya lagu “ Smells Like Teen Spirit” , sehingga Weird Al Yankovic merekam versi parodinya, dengan judul "Smells Like Nirvana." Album “Nevermind”, sendiri tampil dengan cover yang memikat : foto bayi sedang berenang mengejar lembaran dolar. Idenya bermula saat Cobain dan Krist Novoselic (basis Nirvana) melihat film proses kelahiran di dalam air. Mereka menyewa fotografer untuk memotret adegan bayi yang dilatih berenang. Bayi yang menjadi menjadi model sampul album ini bernama Spencer Elden (baru berumur 4 bulan waktu itu). Walau "Smells Like Nirvana." menjadi hit Nirvana paling kondang, entah lagu ini kenapa jarang dimainkan di berbagai konser mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar